logo
FASILITAS LAYANAN PRIORITAS PADA MEJA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN LAYANAN PENERJEMAH BAHASA ISY Pengadilan Negeri Ende terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan demi mewujudkan visi Mahkamah Agung yaitu mewujudkan… Baca Selengkapnya
OLAHRAGA BERSAMA PENGADILAN NEGERI ENDE DAN KEJAKSAAN NEGERI ENDE Baca Selengkapnya
UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE-94 Baca Selengkapnya
APEL PAGI, 24 OKTOBER 2022 Baca Selengkapnya
SOSIALISASI PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT DI PENGADILAN NEGERI ENDE Baca Selengkapnya
OLAHRAGA PAGI, JUMAT, 21 OKTOBER 2022 Baca Selengkapnya
CLOSING MEETING AUDIT INTERNAL PN ENDE Baca Selengkapnya

Website ini mendukung fitur "text to speech". Silahkan seleksi text untuk mendengarkan audio

SOSIALISASI PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT DI PENGADILAN NEGERI ENDE

Jumat, 21 Oktober 2022, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Ende, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Bahasa Isyarat Dan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Antara Pengadilan Negeri Ende Dan SMPN Tuna Grahita C Ende.
Kegiatan dihadiri oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Ende, para Hakim, panitera, Sekretaris, para Panmud, Kasubbag dan staf Pengadilan Negeri Ende. Sedangkan perwakilan dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Tuna Grahita C Ende dihadiri oleh Plt. Kepala Sekolah, Ibu Theresia Niken Wara Sri Widuri, S.Pd dan tim.
Kegiatan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Ende.
Dalam sambutannya, Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Ende memberikan gambaran singkat tentang latar belakang diadakannya kegiatan ini. Disebutkan oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Ende bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan SK Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 1692/DJU/SK/PS.00/12/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas di Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri. Juga disebutkan oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Ende bahwa setiap orang sesuai dengan UUD 1945 berkedudukan sama di mata hukum dan harus punya akses yang sama terhadap pelayanan di pengadilan. Hal ini sejalan dengan salah satu dari 8 Nilai Utama mahkamah Agung RI, yaitu Perlakuan Yang Sama Di Mata HUkum.
Untuk itu, Pengadilan Negeri Ende harus siap melayani para penyandang disabilitas, dimulai dari PTSP sampai dengan akhir putusan, dan mengutamakan pelayanan terhadap para penyandang disabilitas.
Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Plt. Kepala Sekolah SMPN Tuna Grahita C Ende, Ibu Theresia Niken Wara Sri Widuri, S.Pd. Dalam sambutannya, Ibu Theresia Niken Wara Sri Widuri, S.Pd mengungkapkan rasa senang terhadap kegiatan ini dan siap bekerjasama serta berharap agar Pengadilan Negeri Ende bisa memberikan pelayanan maksimal kepada para penyandang disabilitas.
Setelah itu dilanjutkan dengan sosialisi penggunaan bahasa isyarat. Dalam kesempatan ini, para aparatur Pengadilan Negeri Ende berkesempatan belajar dan mempraktekan secara langsung bahasa isyarat yang dibimbing oleh tim dari SMPN Tuna Grahita C Ende.
Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Antara Pengadilan Negeri Ende Dan SMPN Tuna Grahita C Ende, dan ditutup dengan pembacaan doa dan sesi foto bersama.


Berita Lainnya

Pengumuman

Agenda Pengadilan