admin
410
Pengadilan Negeri Ende

PROFIL PENGADILAN NEGERI ENDE        Daerah hukum Pengadilan Negeri Ende sebelum perang dunia…

PROFIL PENGADILAN NEGERI ENDE

        Daerah hukum Pengadilan Negeri Ende sebelum perang dunia ke II  merupakan satu  Onderafdeeling atau Kekuasaan Belanda yang dikepalai oleh seorang penguasa yang disebut Controleur. Dalam daerah ini terdapat 2 (dua) daerah Swapraja yang disebut juga daerah Zelfbestuurderagebield yaitu Zelfbestuudur Van / Swapraja Ende dan Zelfbestuudur Van / Swapraja Lio ; Tiap-tiap Zelfbestuudur/Swapraja membawahi beberapa Gemeente yang mana Zelfbestuudur dikepalai oleh seorang raja  sedangkan Gemente dikepalai oleh seorang  Kapitan. Zelfbestuudur Van Ende/Swaraja Ende membawahi 7 (tujuh) buah Gementa/wilayah kekuasaannya sedangkan Zelfbestuudur Van Lio/Swapraja Lio membawahi 23 (Dua puluh tiga) Gementa/ wilayah kekuasaannya.

        Setelah Jepang Masuk ke Ende dan Flores pada umumnya, sejak tahun 1942, maka kekuasaan Belanda / Onderafdeling diganti dengan kekuasaan Jepang yang disebut dengan nama Dainippon, dimana istilah Onderafdeling diubah menjadi GUN dan kepala daerahnya disebut  Gun Tyo.  Dan untuk daerah Swapraja/Zelfbestuudur diganti dengan nama SON  dan Kepala daerahnya disebut Son Tyo, begitu pula dengan Gementa diganti dengan nama KU dan kepala daerahnya disebut  Ku Tyo.

        Dalam kekuasaan Jepang tidak mengalami perubahan struktur  pemerintahan  hanya berganti nama saja hingga  awal kemerdekaan. Dan untuk melanjutkan penegakan hukum Pada masa kemerdekaan maka kekuasaan Jepang diganti dengan kekuasaan Republik Indonesia.  Dan dibentuknyalah Kabupaten dengan kepala daerahnya disebut Bupati.


SEJARAH BERDIRINYA PENGADILAN NEGERI ENDE

1. Gedung Kantor Pengadilan Negeri Ende Pertama

Pada tahun 1958 diresmikan penggunaan Kantor Pengadilan Negeri Ende Pertama/ I  yakni terletak di jln Nuamuri  no.1 Ende,  dengan luas tanah 2450 m2 dan luas bangunan 1000 m2. Penggunaan gedung Kantor Pengadilan Ende tersebut  sampai dengan tahun 1987.

2. Gedung Kantor Pengadilan Negeri Ende Kedua

Pada tahun 1985 dibangunlah gedung Kantor Pengadilan Negeri Ende yang kedua  yang terletak di jln. El tari  dengan luas tanah yakni  2505 m2  dan luas bangunan  624 m2 dan diresmikan penggunaanya pada 14 April 1987 dan sejak itu pula Pengadilan Negeri Ende digunakan. Dengan digunakannya Kantor Pengadilan yang kedua tersebut, maka kantor Pengadilan  yang pertama dialih fungsikan  untuk kegiatan Dharmayukti Karini dan sebagian ruangannya digunakan untuk tempat tnggal/mess bagi pegawai kantor Pengadilan Negeri Ende.

3. Gedung Kantor Pengadilan Negeri Ende Ketiga

Pada tahu 1991/1992 Pengadilan Negeri Ende memperoleh dana proyek perluasan gedung kantor, maka dibangunlah penambahan ruang kantor  pada lokasi yang sama yaitu di jln. El tari Ende.

4. Gedung Kantor Pengadilan Negeri Ende Keempat

Pada tahun anggaran 1993/1994 Pengadilan Negeri Ende memperoleh pembangunan 1 (satu) buah gedung  kantor yang baru dengan luas 727 m2 di lokasi jln. El Tari no.1 Ende. Dan resmi penggunaanya pada tahu 1995 sampai sekarang. Pembangunan gedung baru ini dikarenakan semua gedung yang lama rusak total diakibatkan gempa bumi tahun 1992.








Kontak

Telepon:(0381) 21593
Email: pengadilanende[at]gmail.com
Website: Pengadilan Negeri Ende

Jl. Eltari No.1, Ende, Flores